PTC Terpercaya (Legit PTC)

Sepuluh Pertanyaan Sebelum Membuat Blog – Pengantar Blogging



Saat ini ramai kita dengar banyak orang disekitar kita mempunyai website pribadi, ada yang cuma mempunyai satu buah, ada yang beberapa buah website, dan ada pula yang mempunyai banyak website. Tentunya bagi yang belum mempunyai website pribadi ada rasa penasaran untuk ikutan juga mempunyai website dan hal tersebut tentunya sah-sah saja.
Namun sebelum meneruskan langkah membuat suatu website, perlu untuk dipahami dan dimengerti jenis dan karakteristik dari bermacam-macam blog yang ada didunia maya saat ini. Ada berbagai tipe blog yang tersedia didunia maya saat ini, dari mulai yang gratis maupun yang berbayar.
Untuk menetapkan pilihan tipe blog yang akan dibuat, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menetapkan mind set diri sendiri terhadap apa yang diinginkan dari blog yang akan dibuat. Menentukan atau menetapkan mind set yang diinginkan dari blog kita tentunya cukup sulit. Tetapi jangan patah arang dulu dibawah ini akan diuraikan beberapa pertanyaan yang dapat dipertanyakan pada diri sendiri untuk menetapkan mind set sebelum membuat blog. Cobalah menanyakan hal ini kepada diri sendiri. Mudah-mudahan beberapa pertanyaan berikut bisa menjadi landasan dan inspirasi untuk membuat blog.
Pertanyaan 1 : Apakah saya suka menulis?
Sebuah blog merupakan salah satu media untuk menulis. Banyak orang suka menulis, baik berupa tulisan “berat” atau serius, maupun tulisan ringan yang menghibur dan dapat menambah wawasan seseorang (seperti tulisan yang laporan perjalanan bagi orang yang suka travelling), tetapi banyak yang kesulitan untuk menyampaikan tulisannya atau menyebarluaskan kepada orang lain yang membutuhkan.
Seperti kita tahu untuk menyebarluaskan atau mempublikasikan tulisan kita pada media-media publik lokal saja sangat sulit, apa lagi di media tingkat nasional, belum lagi kalau ingin mendapatkan penghargaan atau bayaran dari tulisan kita, seperti misalnya tulisan kita diterbitkan di tabloid, majalah, atau menjadi sebuah buku. Untuk bisa seperti itu butuh perjuangan yang sangat panjang, berbelit dan banyak persyaratan dasar yang harus terpenuhi.
Untungnya, seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, terutama teknologi di dunia maya, telah banyak menolong seseorang untuk menulis dan menyampaikan serta menyebarluaskan kepada orang lain dengan mudah dan tidak berbelit.
Jadi jika anda dan beberapa orang rekan anda bertipe orang yang suka menulis, apapun tipe dan bentuknya, dan ingin mempunyai wadah sendiri atau meningkatkan popularitas dengan berbagai latar belakang, baik wadah pribadi maupun wadah kelompok, maka membuat blog pribadi atau blok kelompok adalah pilihan yang tepat.
Dan jika anda hanya ingin menulis dan atau juga ingin mendapatkan penghargaan dari orang yang ingin membacanya (dibayar) maka anda tidak perlu membuat blog sendiri, tetapi menitipkan tulisan/artikel anda kepada website yang menyediakan “jasa penitipan” yang akan membayar anda dengan jumlah tertentu (biasanya dalam bentuk US dollar) diantaranya di Ziddu, docstoc 4shared, blogdoctor, linkpdf dan banyak lagi yang lainnya dengan ketentuan, kelebihan dan kekurangannya.

Pertanyaan 2 : Apakah saya suka membaca?
Suka membaca merupakan syarat untuk dapat menulis, baik agar cara penulisan menjadi lebih baik, mudah dimengerti dan enak dibaca, maupun syarat untuk dapat menulis perlu pengetahuan dan pemahaman mengenai sesuatu hal yang akan ditulis (ini merupakan syarat menulis artikel “berat” atau “serius”). Karena untuk jenis artikel seperti itu jika pengetahuan dan pemahaman terhadap apa yang ditulis kurang maka nilai dari artikelnya pasti rendah dan dapat dipastikan orang / pengunjung situs/blog kita akan malas kembali untuk mengunjungi situs/blog kita. Jika demikian halnya maka lebih baik kita menitipkan tulisan/artikel anda kepada website yang menyediakan “jasa penitipan” seperti dicontoh diatas. Dan sebaliknya jika anda suka membaca maka artikel anda akan merupakan artikel yang bermutu, baik cara menulisanya maupun isi dari artikel, dan itulah salah satu cara membuat blog yang baik.

Pertanyaan 3 : Apakah saya cukup banyak ide?
Sesuai dengan keberadaan blog yang sebagai salah satu media untuk menulis, maka jika kita ingin membuat blog (yang baik tentunya) adalah wajib mempunyai banyak ide dan gagasan, baik itu ide-ide ringan apalagi ide yang cukup berat.
Jika kita tipikal orang yang banyak mempunyai ide atau gagasan, katakanlah dalam satu hari kita dapat ide atau gagasan yang dituang dalam tulisan atau artikel 2 – 3 halaman, maka membuat blog adalah wajib dan yakinlah situs/blog anda akan dipenuhi pengunjung setiap hari, dan ranking situs anda akan maju dan tumbuh dengan pesat. Dan kalau itu sudah terjadi, jika anda tidak berminat mengkomersiilkan blog anda, maka kepopularitasan anda pasti selangit,dan nilai komersiil blog anda akan tergeret naik (jika anda ingin mengkomersiilkan blog anda).

Pertanyaan 4 : Apakah saya cukup mempunyai rasa percaya diri?
Menulis dan menyampaikan kepada orang lain, baik langsung maupun tidak langsung (melalui penulisan artikel, meng-upload foto, gambar, menyampaikan review terhadap tulisan orang lain atau kondisi tertentu), didunia nyata atau di dunia maya, memerlukan kepercayaan diri. Yakin akan kemampuan yang dimiliki. Yakin dengan cara menulis yang ditentukan sendiri dan bisa pula menerima cara dari orang yang menjadi idola kamu. Jika itu adalah anda, maka anda wajib mempunyai situs/blog sendiri.

Pertanyaan 5 : Sikap saya menghadapi tanggapan orang lain?
Menulis di blog berarti orang lain dapat membaca isi tulisan anda. Bukan hal yang aneh jika orang lain membaca tulisan blog anda dan memberikan tanggapan atau komentar yang berbeda. Untuk pengunjung dan pembaca yang puas atau sependapat dengan tulisan anda, maka mereka akan dengan memberikan komentar yang baik, tetapi ada pula pengunjung dan pembaca yang mempunyai pendapat berbeda dan memberikan komentar yang tidak membuat anda berkenan dan merasa nyaman, dan yang paling ekstrim adalah ada pengunjung dan pembaca yang merasa isi blog anda hanya tong sampah semua. Pertanyakan lah pada diri anda : Siapkah dengan kenyataan seperti ini?
Jika anda merasa siap menerima komentar berbeda dan yang membuat anda merasa tidak nyaman, maka anda siap membuat blog pribadi anda. Walaupun dalam suatu blog dilengkapi dengan fitur untuk menon-aktifkan ruang komentar, tetapi cara ini bukanlah cara membuat blog yang baik.

Pertanyaan 6 : Apakah saya dapat menyelesaikan apa yang sudah dimulai?
Kenyataannya, banyak blog di internet yang pada akhirnya ditinggalkan dan tidak diurus lagi. Membuat blog beserta akitiftas membuat artikel atau posting membutuhkan kerja keras dan tidak bisa dianggap mainan. Di negara maju, seperti Amerika Serikat, Eropa dan Jepang, blog sudah begitu terkenal dan bahkan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Namun budaya ini masih belum merasuk terhadap orang Indonesia.
Jika kita sudah membuat dan mempunyai blog maka menjadi suatu keharusan untuk menjaga, merawat dan memupuknya secara rutin dan terus menerus. Caranya adalah dengan membuat artikel atau postingan secara rutin sesuai dengan target yang kita tetapkan.

Pertanyaan 7 : Apakah saya tergolong tipe target oriented?
Menyambung pertanyaan ke-6. Tetapkanlah target berapa minimal membuat artikel atau postingan lain dalam satu bulan. Jangan terlalu membuat target yang terlalu luar biasa atau muluk-muluk. Jika hanya mampu rata-rata 10 artikel atau postingan, ya cukup itu targetnya. Dan salah satu penyebab seseorang pemilik blog menjadi patah arang dan akhirnya blognya tidak diurus lagi atau bahkan ditinggalkan begitu saja adalah karena terbebani oleh targetnya sendiri.
Setelah ditetapkan target bulanan, maka yang diperlukan adalah kontrol diri pertiga-bulanan. Maksudnya begini, jika target bulanan adalah 10 artikel atau postingan maka untuk 3 bulan kedepan kita mempunyai target dan harus membuat artikel atau posting sebanyak 30 buah. Mungkin dalam satu bulan tertentu karena kesibukan dan urusan tertentu atau mungkin kehabisan ide, maka target 10 artikel atau postingan tidak terpenuhi dan hanya mampu 6 buah misalnya, maka pada bulan berikutnya seharusnya target anda adalah 14 buah untuk menutupi kekurangan bulan lalu, tetapi untuk membuat artikel atau postingan sebanyak 14 buah dari target awal 10 buah dalam satu bulan mungkin cukup berat, sehingga cara yang ditempuh adalah bulan kedua membuat 12 artikel atau postingan dan bulan ketiga membuat 12 artikel atau postingan, maka target periode tiga bulan dapat terpenuhi. Dan ini akan menjaga blog anda tetap dipenuhi pengunjung langganan anda dan tidak lari meninggalkannya.

Pertanyaan 8 : Apakah saya bertipe disiplin dengan waktu?
Untuk mengelola blog dan memenuhi target postingan, anda harus menetapkan dan meluangkan waktu tertentu. Membuat suatu posting tidak harus diselesaikan satu buah dalam sehari. Hanya orientasi target bulanan dan tiga bulananlah yang harus diperhatikan. Menulis artikel juga memerlukan mood yang baik agar diperoleh hasil yang baik dan memuaskan, baik diri anda sendiri maupun pembacanya. Jika mengalami kebosanan, silahkan beristirahat.

Pertanyaan 9 : Apakah saya tipe yang mudah menyerah?
Membuat blog dan mengelola blog bukanlah perkaran ringan dan mudah. Banyak orang dalam banyak artikel dibanyak blog menyatakan membuat blog itu mudah. Menurut saya tidak, membuat blog adalah tidak mudah apa lagi mengelolanya. Membuat aktifasi blog itu mudah itulah yang benar, nanti pada artikel selanjutnya akan saya jelaskan cara membuat/aktifasi blog pada Blogger maupun pada wordpress, tetapi membuat blog agar berfungsi dan operasi dengan benar, berpenampilan yang menarik adalah tidak mudah. Jadi saya tidak sependapat dengan para senior dalam bidang blogging yang menyatakan membuat blog itu mudah dan itu mungkin hanya untuk memotivasi saja.

Pertanyaan 10 : Jadi, apakah saya benar-benar ingin membuat blog?
Terakhir, tanyakan kembali ke diri anda apakah saya benar-benar ingin membuat blog atau blogging?
Seperti telah dijelaskan pada pertanyaan ke-9, bahwa membuat  dan mengelola blog bukanlah hal yang mudah. Semuanya butuh proses dan waktu yang panjang. Banyak orang yang mulai blogging dan kenyataan yang terjadi di bulan ketiga dan keempat sudah mengalami kebuntuan yang akhirnya meninggalkannya. Banyak pula yang tergoda membuat blog karena mendengar dari blog bisa mendapatkan uang yang banyak. Jika memang ini yang menjadi motivasi anda, maka yakinlah satu langkah kearah kegagalan sudah anda jalankan.
Berlatihlah secara teratur dan disiplin. Dan yang perlu dicamkan dalam jiwa, hati dan pikiran kita adalah kata-kata bijak berikut ini :”tidak ada pekerjaan yang sangat berat dan tidak ada pula pekerjaan yang terlalu ringan didunia ini, yang ada adalah ”biasa saja”, semua hal tidak ada yang ringan dan yang berat pasti ada jalan keluar,  man jadda wajada*) (siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil)”. (man jadda wajada*) adalah slogan/motto yang digunakan dan ditanamkan pada santri pesantren Pondok Madani Gontor sejak pertama kali kakinya menginjak gerbang pondok. Saya bukanlah santri atau alumni Pondok Madani Gontor tetapi merasakan betapa dahsyatnya kata-kata itu. Red.)
Sekian dan terima kasih.   Salam.


2 Responses So Far:

Jefry mengatakan...

kalau saya sebenarnya kurang pandai menulis tapi sebagai seseorang yang ingin sukses memiliki blog harus bisa menulis jadinya saya selalu berusaha membuat tulisan yang baik
terima kasih atas ulasan di atas

sedot wc jakarta mengatakan...

nice info

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...