PTC Terpercaya (Legit PTC)

Cara Cepat dan Tepat Membuat Aktifasi Blog di Blogger




Pengantar Blogging 2
Seperti telah saya sampaikan pada artikel pertama di blog ini, yaitu Sepuluh Pertanyaan Sebelum Membuat Blog – Pengantar Blogging, bahwa membuat dan mengelola blog itu tidak mudah, sedangkan yang mudah adalah membuat aktifasi blog pada Blogger.
Apa artinya itu?
Banyak sekali artikel dari para blogger senior membuat judul yang intinya adalah “membuat blog itu mudah”, pernyataan itu menurut saya tidak tepat atau kurang benar, karena ternyata kalau diperhatikan isi artikelnya adalah cara membuat aktifasi blog baru pada blogger. Kalau yang ini betul memang mudah.
Rangkaian artikel dalam membuat dan mengelola blog akan diuraikan dalam beberapa tahap, antara lain :
1.    Membuat aktifasi Blog di Blogger.
2.    Cara dan aturan main pendaftaran search engine
3.    Tata Cara Memperindah Blog
4.    Tata Cara Penulisan Posting

Sekarang kita akan memulai tahap pertama, yaitu Membuat aktifasi Blog di Blogger
Perhatikan apa yang harus dipersiapkan dalam membuat aktifasi blog baru pada Blogger :

1.   Apa yang dimaksud dengan Blog ?

Blog adalah produk gratisan dari www.blogger.com yang merupakan satu layanan produk dari www.google.com.
Blog merupakan suatu “Web log” yang semula diperuntukan untuk menampung minat para netter atau para penulis yang netter untuk menuangkan tulisan atau artikel yang berisi catatan-catan pribadi yang disimpan secara online serta mempublikasikan kepada rekan yang memerlukannya.
Perkembangan selanjutnya, saat ini menjadi sangat variatif, dari yang berisi artikel catatan pribadi, tutorial, curhat, publikasi tulisan atau artikel dari para profesional, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, saat ini blog tidak ada bedanya dengan situs yang ada di internet.

2.   Perbadingan Blogger dan Wordpress

Dua diantara penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogger dan wordpress, dimana ketika mendaftar adalah melalui situs blogger.com atau wordpress.com namun nama domain yang akan didapatkan adalah sub domain dari blogspot dan wordpress seperti contoh ini : contohblog.blogspot.com atau contohblog.wordpress.com
Apa kelebihan dan kekurangan dari keduanya?
a.  Pada wordpress.com dan blogger.com satu account bisa untuk membuat lebih dari satu blog atau beberapa blog.
b. Kelebihan wordpress.com dibanding blogger.com antara lain (1) comment friendly: memudahkan pengunjung untuk berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting. Bagi yang tidak mempunyai masalahan dengan komentari dari pengunjung, wordpress dapat menjadi pilihan; (2) Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama) seluruh pemakai wordpress.com, apabila posting cukup menarik, maka postingan tersebut berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai wordpress.com. Harap diperhatikan bahwa BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa, maka pastikan pilihan Bahasa (Bahasa Inggris atau Indonesia) pada saat mendaftar.
c.   Kelebihan blogger di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohblog.blogspot.com diubah menjadi contohblog.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogger dan masih tetap gratis.
d. Kekurangan wordpress.com dibanding blogger.com adalah javascript tidak berfungsi (disabled) artinya Anda tidak bisa memasang iklan apapun–Amazon, AdSense, Adbrite, dll–di wordpress.com. Bagi blogger yang memang betul-betul ingin ngeblog saja, tanpa ada niat untuk iseng-iseng pasang iklan, tentunya bukan menjadi masalah.
Sedangkan Blogger memberi fasilitas untuk memasang iklan yang menjadikannya menjadi blog yang monetize. Namun bagi blogger yang ingin pasang iklan, dapat juga di blog gratis yang pakai software wordpress juga seperti blogsome.com, blogs.ie. tetapi sayangnya, kedua penyedia blog gratis ini masih memakai software wordpress lama (tak ada fasilitas widget, dan lain-lain). 

3.   Cara membuat aktifasi blog baru di Blogger

Mengapa pilihannya jatuh ke blogger.com? Hal ini dikarenakan blogger.com dimiliki oleh www.google.com, sehingga proses pengindexan blog di blogger.com lebih baik dan bisa mendatangkan traffic (kunjungan) dari search engine Google.com.
Malahan sering kali posisi blog yang menggunakan layanan blogger.com bisa menempati posisi lebih tinggi dibandingkan dengan posisi sebuah website biasa dengan domain dan hosting sendiri.
Walaupun membuat dan mengelola blog relatif rumit, tetapi kalau tidak pernah dicoba memulai maka yang sulit tetap sulit, tetapi kalau segera kita mulai, maka yang sulit dapat dipecahkan dan diperbaiki sedikit demi sedikit.
Sebelum membuat aktifasi account blog di Blogger, yang diperlukan adalah mempunyai alamat email. Disarankan disini mempunyai account yang didukung oleh Google sebagai pemilik Blogger.com, yaitu Gmail.com. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu dengan klik disini Gmail.com.
Cara membuat account Gmail.com :
1.   Setelah diklik Gmail.com tekan buat account baru.
2.   Muncul format isian dibawah ini dan isi semua yang diminta.
3.  Nama alamat email adalah yang anda isi dalam kolom “Nama Login Yang Diinginkan”, di sini dicontohkan sebagai : contohc@gmail.com, tulisan warna merah ganti dengan nama alamat email yang anda inginkan.
4.  Kemudian klik “cek ketersediaan!”, maksudnya untuk mengecek nama alamat email yang anda tulis/inginkan sudah ada atau sudah dipakai orang lain atau belum. Setelah diklik akan muncul nama/alamat email pilihan yang disediakan oleh Gmail, anda bisa memilih salah satu atau tetap dengan nama isian anda.
5.   Isi password account email anda.
6.  Isi pertanyaaan rahasia. Ini dimaksudkan sebagai sandi jika anda lupa password atau alamat email anda.
7.   Salin tulisan “kacau”
8.   Dan terakhir klik “Saya menerima. Buat akun saya”. Dan Selesai.
Setelah mempunyai account email, langkah selanjutnya adalah :
1.    Mulai dari mengunjungi kunjungi situs http://www.blogger.com
2.    Akan muncul halaman membuat blog baru, isi dengan account  email dan sandi/password anda kemudian klik “Memulai”,
3.    Setelah halaman aplikasi pendaftaran terbuka, pilih bahasa yang akan kita gunakan dalam pendaftaran aplikasi yang terletak sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami.
4.    Akan muncul langkah pertama mendaftar di Blogger sebagai berikut :
5.    Isi “nama tampilan” blog anda. Tentunya anda harus telah memikirkan dan memilih nama blog anda yang disesuaikan dengan isi atau tema blog anda, atau nama anda (jika memang menginginkannya). Kemudian centang kotak “Saya menerima ...”. Dan kemudian klik “Lanjutkan
6.    Selanjutnya akan muncul langkah kedua sebagai berikut :
a.  Isi “Judul Blog”, diusahakan diisi dengan nama yang sama dengan nama tampilan (dilangkah pertama atau petunjuk no.5 diatas)
b. Isi “Alamat blog URL”, ini juga sebaiknya diisi sama dengan judul blog untuk memudahkan mesin pencari (search engine) untuk mengindex blog anda dan isi posting di blog anda. Nama alamat blog URL ditulis dengan huruf kecil dan pemisahan spasi diganti dengan garis datar, lihat contoh di bawah.

7.   Kemudian klik “cek ketersediaan”, jika OK, maka lanjutkan dengan klik “lanjutkan”. Dan muncul halaman untuk memilih template awal. Blogger sudah menyediakan banyak ragam pilihan template yang dapat diubah sesuaikan kapan saja. Jadi jangan takut, pilih salah satu yang menurut anda paling menarik dan sesuai dengan tema blog. Nanti jika ingin diubah dengan pilihan template lain yang disediakan oleg Blogger dapat diganti tanpa mempengaruhi isi dan kode-kode HTML yang sudah anda pasang. Juga warna, jenis huruf, warna huruf, lebar kolom dapat diubah sesuaikan dikemudian hari. Ikuti artikel tentang “Tata Cara Memperindah Blog” nantinya.
8.   Setelah memilih salah satu template, kemudian lanjutkan dengan klik “Lanjutkan” dipojok kanan bawah.
9.   Nah aktifasi blog anda sudah jadi.
10. Anda dapat segera memulai blogging, dalam hal ini dapat berupa menulis postingan, mengupload photo, mengupload video dan lain-lain.
11. Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : Selamat Datang di Blog ini. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.

12. Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda. Jika sudah dirasa memuaskan maka Selesai, tetapi jika masih belum, dapat dilakukan pengeditan lanjutan dengan mengklik “Edit Entri”.
Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Namun, sebaik segera dilakukan pendaftaran blog anda ke mesin pencari / search engine agar blog anda dapat ditemukan oleh pengunjung yang menjadi target anda. Cara dan bagaimana agar dapat diakses mesin pencari / search engine dapat dilihat pada artikel “cara dan aturan main pendaftaran search engine”.
Sekian, semoga bermanfaat.

Keyword : cara cepat, cara tepat, blog, aktifasi blog, blogger, wordpress


1 Responses So Far:

Jefry mengatakan...

lengkap sekali penjelasannya
terima kasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...