PTC Terpercaya (Legit PTC)

Mengubah Photo Kurang Menarik Menjadi Retro Glamor


TRIK PHOTOSHOP BAGI PEMULA (Bagian 1)
Sering kali kita dapati momen-momen menarik tetapi tidak didukung oleh kondisi yang menghasilkan foto yang berkualitas, bisa jadi karena terbentur oleh kondisi obyek dan latar obyek yang kurang menarik dari segi estetika, mungkin juga oleh karena posisi obyek dengan kita (kamera) tidak dimungkinkan mendapatkan sudut pengambilan yang baik. Kondisi ini biasanya didapati sewaktu mengambil photo dokumentasi untuk anak-anak balita dalam kondisi se-natural mungkin. Apalagi bila moment tersebut sulit diulangi lagi atau kecil kemungkinan kita peroleh lagi. Contoh gamblang seperti sewaktu ada kerabat jauh datang berkunjung atau sebaliknya saat kita berkunjung ke kerabat yang jauh (dari luar pulau, misalnya). Kalau kejadiannya gampang diulang sih tidak masalah, tinggal cari momen lagi dan jepret foto baguspun segera kita dapat.
Disini akan saya beri contoh photo anak saya yang diambil dari sudut yang kurang memadai (diambil dari balik jendela) dan dengan latar belakang dapur yang  amburadul sewaktu lebaran kemarin.
Photo ini biasa saja akan kita jadi lebih menarik, seperti ini :


 
Langkah pertama tentunya buka file Photo yang kita inginkan, kemudian langkah selanjutnya adalah :
1.     Duplikat background dengan menekan CTRL + J
2.     Klik lagi layer background, tekan ALT + BackSpace … maka backround akan berubah warna menjadi
warna hitam (warna dapat diubah sesuai keinginan). Jika menggunakan perintah ALT + BackSpace maka warna background yang muncul adalah warna didepan, dan jika menggunakan perintah CTRL + BackSpace maka warna background yang muncul adalah warna di belakang. Kita coba warna latar biru ya …
3.     Karena latar belakang kurang nyahut dan tidak satu warna, terpaksa kita buang secara manual dengan klik ikon “Polygon Lasso” pada Layer 1 dan silahkan klik pinggir-pinggir gambar yang ingin dibuang. Agar lebih halus maka gambar harus di zoom (diperbesar) dengan menyeret task bar “navigation “, kekanan untuk memperbesar dan ke kiri untuk memperkecil.
4.     Tekan “DEL” untuk membuang bagian gambar yang tidak diinginkan.

5.     Kelihatan bahwa hasil potongan (pinggir) gambar masih kurang baik/bekas potongan masih tegas, maka perlu diperhalus dengan cara mengklik ikon blur, pilih ukuran kuas 5 px dan “hardness” 100% untuk sekitar pinggir/batas gambar, gosok secara hati-hati sampai batas gambar menjadi tidak tegas lagi, kemudian setelah semua selesai ulangi dengan memilih ukuran kuas 20 px dan “hardness” 50% untuk disekitar pinggir, yang dimaksudkan agar gambar seolah-olah tidak dipotong.

 6.     Sekarang kita akan melukis latar gambar, pilih warna sesuai dengan keinginan. Karena contoh foto disini adalah foto anak-anak maka perlu dipilih warna yang member kesan ceria, disini saya pilih warna pink muda (??? Maaf kalau salah mendifinisikan warna). Caranya buat layer baru dari Layer 1, dengan klik Layer > New > Layer. Kemudian akan muncul Layer 2, geser Layer 1 ke atas Layer 2.
 7.     Klik Layer 2 dan kemudian klik ikon “brush” dan pilih size sedang (disini saya pilih size 160 px) dengan hardness 0%. Kemudian lukislah sesuai selera. Jadinya menjadi begini.
 8.     Untuk menyamarkan kabel putih didepan foto, saya gunakan gambar pelangi buatan sendiri. Caranya : sorot Layer 2 dan buat layer baru dengan klik Layer > New > Layer, maka didapat Layer 3. Setelah itu lakukan seperti pada no.7, yaitu dengan meng-Klik “Brush” tapi sebelum pilih warna merah dulu, kemudian kita lukis disepanjang bidang putih. Pilihan ukuran “Brush” sama dengan di atas karena bidangnya cukup besar. Kemudian setelah warna merah selesai, ganti warna kuning dan kemudia hijau dengan cara meng-klik ikon “set back ground color”. Hasilnya seperti gambar 8 dibawah ini.
9.      Kemudian kita belajar membuat garis dengan menggunakan perintah “brush”. Kita buat dengan size brush 50 px (ukuran dapat disesuaikan dengan ukuran foto atau sesuai selera anda). Tapi sebelumnya kita buat layer baru, yaitu Layer 4. Agar nantinya garis-garis itu tidak menutup foto dan pelangi, maka geser Layer 4 ke bawah. Jangan lupas kita sekarang bekerja pada Layer 4. Ganti warna menjadi warna putih, letakkan “brush” di ujung atas foto kemudian tarik ke bawah sampai ujung bawah sambil menekan tombol “SHIFT” agar garis yang dibuat dapat lurus, kemudian lepaskan. Hal ini diulang sampai area gambar penuh. Hasilnya kurang lebih seperti gambar 9.

 10.  Sekarang kita buat garis mendatar. Caranya duplikat Layer 4 dengan tekan CTRL + J. Kemudian klik EDIT > TRANSFORM > ROTATE 90 CW. Nah kita sudah mendapat garis-garis melintang/horizontal. Jika ukuran canvas foto kita tidak bujur sangkar, artinya tinggi dan lebarnya tidak sama, maka hasil k duplikasi garis horizontal tadi tidak bisa penuh, maka perlu kita sesuaikan, caranya klik EDIT > TRANSFORM > SCALA, kemudian tarik keatas dan kebawah sampai cukup. Hasil seperti gambar 10.
11.     Kemudian kita gabungkan dua Layer tersebut : Layer 4 dan Layer 4 copy  dengan menekan CTRL + E. Agar lebih menarik, garis-garis tersebut akan kita bengkokan dengan cara klik EDIT > TRANSFORM > WARP (untuk Photoshop CS2 mode wrap tidak ada). Ubah layer efek menjadi “overlay” dan “opacity 100%”. Seperti gambar 11.
 12.  Dan sekarang akan kita hias foto sedemikian rupa sehingga kesan glamour kita peroleh. Buat bulatan dengan ELLIPS tool dan disetting seperti gambar 12 … jangan lupa meng-klik SHAPE LAYER. Seperti gambar 12 dibawah ini.
13.    Kemudian klik add layer mask … lalu ganti back ground color dengan warna hitam, dan cari ukuran brush yang tepat/sesuai selera, kemudian klik beberapa kali (lagi-lagi sesuai selera pada bulatan tersebut). Kemudian buat bulatan-bulatan beberapa buah lagi dengan warna bermacam sesuai selera dengan selera. Perlu coba-coba dalam hal ini sehingga tampilan memuaskan.
14.    Kemudian untuk lebih ramai lagi dapat ditambah dengan memberi titik-titik (dot) warna merah atau ungu atau pink terserah saja dengan menggunakan brush, ingat pilih tipe brush yang  soft round. Kemudian totol-kan disembarang tempat sesuai selera dengan berbagai ukuran. Dan untuk lebih atraktir ditengah titik-titik tadi dikasih titik-titik warna putih agar lebih gemerlapan. Caranya sama dengan membuat titik merah, tetapi ganti dulu warna back ground color menjadi warnah putih.

15.    Nah selesai tugas kita mempercantik foto biasa menjadi lebih indah.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan perlu coba-coba beberapa kali, dan perlu ketelitian serta ketelatenan.
Hasil karya foto dalam artikel ini kurang sip menurut saya, karena dikerjakan secara buru-buru (kurang lebih setengah jam termasuk bikin artikelnya). Jadi mohon maaf kalau kualitas hasil kurang memuaskan. Namun esensi yang patut dipetik tersirat didalamnya, adalah memberikan tambahan wawasan  bagi pembaca trik yang dapat dilakukan untuk mempercantik foto. Selamat mencoba dan terima kasih.


0 Responses So Far:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...