PTC Terpercaya (Legit PTC)

Efek Ray of Light Buatan


Sesuai dengan janji saya untuk melanjutkan tulisan saya sebelumnya Mendramatisir Foto (Seri-1) dan melengkapi tulisan Menangkap Efek Ray of Light, maka dibawah ini akan saya coba paparkan caranya dengan program Photoshop CS5 berikut ini :

 Foto Hasil Mendramatisir Foto Seri-1

Langkah selanjutnya :
7.          Open kembali file foto diatas, kemudian kita copy dengan perintah CTRL + J.
8.        Kemudian klik LAYER> NEW ADJUSTEMENT LAYER > CHANNEL MIXER, set OUTPUT CHANNEL pada posisi RED, kemudian setel item warna GREEN dengan angka + 50 untuk memberi kesan sore hari (sunset), seperti gambar dibawah ini :
9.         Perbesar ukuran canvas, kecuali memang target sumber cahaya yg akan dibuat memang sudah berada di dalam foto, langkah ini tidak perlu., ini tujuannya untuk pas kita buat radial blur nantinya, sumber cahaya yg akan kita buat berada diluar area foto, caranya klik IMAGE > CANVAS SIZE, kemudian ubah WIDTH menjadi 24.03 dan HEIGHT 17.49 atau lebar tambah 3 cm dan tinggi tambah 2 cm (penambahan lebar dan tinggi tidak mutlak/coba-coba).
 10.     Perbesar ukuran canvas, kecuali memang target sumber cahaya yg akan dibuat memang sudah berada di dalam foto, langkah ini tidak perlu., ini tujuannya untuk pas kita buat radial blur nantinya, sumber cahaya yg akan kita buat berada diluar area foto, caranya klik IMAGE > CANVAS SIZE, kemudian ubah WIDTH menjadi 24.03 dan HEIGHT 17.49 atau lebar tambah 3 cm dan tinggi tambah 2 cm (penambahan lebar dan tinggi tidak mutlak/coba-coba). Hasilnya seperti ini :

 11.     Kemudian gabungkan layer 1 dengan layer di atasnya dengan men-drag keduanya  dan perintah CTRL + E, maka kedua layer tersebut berubah nama menjadi CHANNEL MIXER 1. Selanjutnya duplikat lagi dengan perintah CTRL + J, dan muncul nama layer :  CHANNEL MIXER 1 COPY.
12.      Ubah menjadi gambar hitam putih dengan mengklik : IMAGE > ADJUSTMENT > BLACK & WHITE.
13.      Bagian bagian yang nantinya akan dibikin tidak terkena pancaran cahaya, di gelapkan. Caranya dengan burn tool atau dengan brush tool dengan foreground warna hitam. Kalau nanti hasil akhirnya, setelah di-blur-kan tidak sesuai masih bisa dihapus dengan ERASER TOOL

 14.     Layer ini kemudian kita buat radial blur dengan cara klik FILTER > BLUR > RADIAL BLUR. Setelan/settingan radial blur adalah : BLUR METHOD : ZOOM, QUALITY : BEST dan AMOUNT : 100. Karena saya ingin memberikan cahaya dari samping kanan ke arah kiri maka pusat cahaya akan kita bawa ke sudut kanan atas, dengan cara klik “center of cross hair” atau pusat tanda silang kemudian seret ke sudut kanan atas, baru tekan OK.
  15.      Nah, karena tadi canvasnya telah kita tambah lebar dan tinggi, maka hasilnya bluring tidak penuh, sehingga perlu diperbesar, caranya klik layer CHANNEL MIXER COPY 1 di bagian palatte, kemudian klik perintah (ada dilajur atas) à EDIT > TRANSFORM > SCALE kemudian tarik titik-titik di ujung-ujung sampai semua hasil bluring menutup canvas atau dicoba-coba setting juga boleh, disesuaikanlah.
 16.     Layer tadi (radial blur), caranya klik image > adjustment > hue/saturaTED. Klik kotak colourize di kanan bawah jendela hue/saturated,  lalu geser2 hue dan saturasinya sesuai selera ingin diwarnai apa cahaya nya nanti dalam contoh ini saya mewarnai cahaya dengan warna putih-kuning kemerahan (nuansa sore). Hasil seperti gambar dibawah ini.
17.     Selanjutnya ubah blending mode Layer tadi menjadi SCREEN (hanya bagian yg berwarna putih yg ditampilkan), caranya di palette layer klik kotak kecil diatas dari "NORMAL" diubah menjadi SCREEN.
18.     Duplikat Layer Channel Mixer 1, kemudian letakkan di deretan paling atas, lalu beri filter highpass dengan blending mode overlay. Caranya dengan klik filter>other>high pass dan setel radius 30 pixel (ini tergantung selera, semakin besar angka pixel-nya, maka akan semakin ekstrem berkas RoL (cahaya)-nya. Setelah itu jangan lupa di CROPPING sesuai dengan ukur gambar semula.
 19.     Sudah selesai. Biasanya langkah no. 13 sampai dengan langkah 18 tidak bisa sekali jadi, karena hasilnya sering kurang memuaskan, sehingga harus dicoa-coba lagi sampai hasilnya memuaskan. Hasil dari rangkaian Membuat Efek Ray-of-Light di atas, kira-kiran seperti gambar dibawah ini.
20.     Seperti biasa, karena waktu luang hanya pas istirahat siang sembari makan siang, maka hasil akhir buatan saya tidak optimal, karena terburu-buru dan sambil mengunyah makan siang … hehehe, sehinggga sobat jangan kuatir jangan-jangan kalau mengikuti tip di atas nanti hasilnya kurang memuaskan. Hasilnya dijamin memuaskan lho dengan syarat tingkatkan ketelitian dan ketelatenan.

Hasil lainnya aplikasi photoshop untuk efek Ray of Light seperti dibawah ini dengan lama pengerjaan 2 jam :


Sekian … semoga bermanfaat dan selamat mencoba…. dan selalu diikuti artikel-artikel tentang PHOTOGRAPHY dan PHOTOSHOP disini :http://insan-teknik.blogspot.com


0 Responses So Far:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...