PTC Terpercaya (Legit PTC)

Apa, Bagaimana dan Kegunaan Ranking Alexa



Apa yang dimaksud dengan Alexa dan Ranking Alexa?
Alexa adalah sebuah mesin untuk menyusun ranking website anda terhadap seluruh website di dunia maya, baik yang terdaftar di Alexa maupun diluar itu. Hasil atau angka ranking ini banyak menjadi acuan website jasa (penyedia iklan dan iklan), website komunitas untuk menghargai website anda.
Bagaimana Cara Kerja Alexa dalam merangking website?
Cara penyusunan ranking Alexa pada prinsipnya adalah memperhitungkan jumlah traffic/kunjungan visitor/tamu ke website anda per hari terhadap jumlah trafik/kunjungan visitor/tamu ke website lain. Jadi perlu ditekankan disini bukan jumlah komulatif trafik yang diperhitungkan tetapi akselerasi perolehan trafik yang diperhitungkan. Jumlah komulatif trafik yang banyakdari suatu website yang sudah lama dibuat akan dengan mudah ranking Alexanya berada dibawah ranking website anda jika trafik harian, mingguan dan bulanan anda cukup besar.
Ilustrasi penjelasannya sebagai berikut :
Misalnya : suatu website : www.aaaaa.com mempunyai jumlah komulatif trafik 100.000 impression, yang telah dibuat dan dipublikasikan selama 4 tahun = 1460 hari kalender, artinya mempunyai trafik rata-rata harian sebanyak = 100.000/1460 = 68 trafik, dengan mempunyai rangking Alexa = 750.000 misalnya. Jika anda dapat mengkondisikan website anda sehingga mempunyai trafik harian rata-rata 200 trafik, maka dalam waktu kurang lebih 5 bulan website anda akan dapat melewati ranking Alexa 750.000.
Sebagai contoh : 2 buah website milik saya yang lain, yaitu :
1.   Insan Teknik, website ini memfokuskan kontennya tentang referensi teknik, manajemen sumber daya air dan tip photography; serta
2.   suhartono the Art, website ini memfokuskan kontennya tentang tutorial tip dan trik photography dan even-even seputaran Indonesia yang direkam dalam photography.
Website Insan Teknik, mulai dibuat bulan Oktober 2010 dan mulai aktif dikembangkan pada pertengahan bulan Nopember 2010, dan didaftarkan/disubmit ke Alexa pada tanggal 23 Nopember 2010 yang memperoleh ranking Alexa sebesar 26.891.876 pada saat itu jumlah trafiknya baru 846 trafik. Saat ini, tanggal 24 Februari 2011, mempunyai ranking Alexa pada posisi 1.093.478 dengan jumlah trafik baru 17.122 trafik. Jika kita ingin melihat lebih detail, maka katakanlah website ini mulai tanggal 15 Nopember 2010 sampai sekarang 24 Februari 2011 sudah aktif selama 101 hari (3 bulanan) telah terjadi peningkatan ranking Alexa sebesar 25.798.398. Peningkatan rangking Alexa hampir dua puluh enam juta dalam waktu 3 bulanan. Bisa anda bayangkan 2 bulan lagi akan tembus ranking 750.000-an. Ini memang target 5 bulanan saya untuk website Insan Teknik.
Peningkatan ranking Alexa ini saya kira cukup dahsyat, dari 26.891.876 menjadi 1.093.478 dalam waktu 101 hari sejak aktif. Untuk mencapai itu rata-rata trafik harian yang harus saya capai adalah 161 trafik. Tentunya pencapaian trafik harian dari awal sampai sekarang tidak begitu, pada satu bulan awal hanya sekitar 10 – 20 trafik, meningkat 60 – 100 trafik pada bulan kedua meningkat antara 100 – 250 trafik per hari. Tentunya ada trik dan kiat khusus untuk mencapainya. Caranya tunggu pada artikel berikutnya : Trik dan Kiatku Untuk Meningkatkan Trafik.
Kegunaan Ranking Alexa
Alasan utama kenapa harus mensubmit/mendaftarkan website saya ke Alexa adalah untuk memotivasi diri sendiri agar website yang dibuat berada posisi (ranking) yang dihargai orang. Tiap hari pagi dan sore hari selalu saya catat jumlah trafik dan pencapaian ranking Alexa. Dengan demikian perkembangan blog saya selalu terpantau. Sebagai newbie atau pendatang baru didunia maya tentunya banyak hal yang kurang dan harus saya pelajari. Hasil pembelajaran tersebut saya gunakan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan saya.
Alasan kedua, saya tidak munafik, tentunya saya ingin website saya dihargai, baik dari suatu kondisi bahwa website saya dibutuhkan oleh orang lain (ini tujuan dan sasaran saya) tetapi juga diharga secara finansial. Sebagai seorang profesional yang menyediakan jasa (itu pekerjaan saya didunia nyata), sudah sebagainya jika seseorang membutuhkan jasa saya sudah sewajarnya ada imbalan jasa terhadap saya. Tentunya imbalan jasa yang saya harapkan secara langsung dari pengunjung/visitor website saya, tetapi dari space iklan yang saya sediakan untuk pengiklan. Dan beruntungnya saya jika ada pengunjung/visitor website saya yang bersedia meng-klik iklan yang ada diwebsite saya karena itu berarti ada imbal jasa dari pengiklan ke saya, sebab terdapat iklan pay per click (PPC) yang ada di website saya.
Alexa Rank atau ranking Alexa adalah salah satu faktor yang diperhitungkan oleh penyedia program paid review dan pay per click (PPC) untuk mengetahui secara cepat level trafik suatu blog atau website. Jika Anda memilih paid review dan pay per click (PPC) sebagai salah satu sumber monetisasi website, mau tak mau Anda harus meningkatkan Alexa Rank website anda.
Mengapa? Karena ini akan meningkatkan daya tawar Anda kepada para penyedia program paid review seperti ReviewMe, SponsoredReview, dan lain-lain.
Demikian juga untuk penyedia program pay per click berbayar seperti BidVertiser.
Mungkin ada kegunaan lain selain motivasi dan monetize website anda, namun untuk saya dua alasan tersebutlah yang mendasari pentingnya Alexa Rank atau Ranking Alexa untuk website saya.
Selain itu Alexa.com juga menyediakan jasa sebagai berikut :
Alexa Site Info - Alexa telah membangun database yang tak tertandingi informasi tentang situs, termasuk statistik, Link Terkait, dan banyak lagi. Semua informasi ini dapat ditemukan pada Alexa Site Info halaman. Cukup ketikkan URL situs ke dalam kotak pencarian Alexa dan klik tombol "Cari".
Alexa Top Sites - Alexa memiliki daftar Top Sites tersedia menurut negara, bahasa atau dalam suatu kategori. Anda dapat men-download file gratis dari situs top juta global disortir oleh Alexa Traffic Rank.
Alexa Site Audit - Alexa akan merangkak (crawled) dan menganalisa website Anda untuk memberi Anda pandangan mendalam tentang visibilitas situs Anda ke mesin pencari (search engine), dan memberikan wawasan ke dalam monetisasi, optimasi dan kesehatan secara keseluruhan dari situs Anda. Yang ini anda harus membayar sejumlah uang.


2 Responses So Far:

Jefry mengatakan...

kalau saya terus terang tidak memiliki target alexa, semoga semua targetnya terpenuhi
sukses selalu buat anda

beautyblogger mengatakan...

senengnya kalau bisa meningkatkan rating di alexa


jual baju ; www.bajumurahkorea.blogspot.com

jual kosmetik www.skin79bbc.blogspot.com/
jual tas sepatu www.jualtassepatumurah.blogspot.com


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...