PTC Terpercaya (Legit PTC)

Cara dan Aturan Main Pendaftaran Website di Google Search Engine


Tujuan membuat website atau blog dan posting (baik berupa artikel, photo, video, musik, dan lain-lain) adalah berbagi postingan tersebut kepada orang lain yang menjadi target postingan (teman, grup, kelompok, komunitas tertentu, dll) atau agar orang yang membutuhkan informasi yang berkaitan dengan isi potingan kita. Tujuan ini tidak akan pernah dapat dilakukan bila mesin pencari (search engine) tidak dapat menemukan blog ataupun postingan kita.
Ada dua jalan bagi orang lain untuk menemukan blog atau postingan, yaitu pengunjung blog yang datang secara direct link dan natural visitor yang menemukan blog atau postingan search engine.
Direct link adalah pengunjung blog yang datang karena telah mengetahui alamat url blog kamu dan mengetikkannya pada browser dan bisa juga dari petunjunk backlink yang ada pada blog lain.
Sedangkan pengunjung blog natural adalah pengunjung blog yang secara tak sengaja menemukan blog kamu pada search engine dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang membawanya ke blog kamu.
Ada banyak cara orang untuk bisa menemukan website atau blog atau isi artikel postingan di internet. Mungkin bisa jadi mempromosikannya melalui sms ke teman dengan memberitahukan alamat Ada banyak cara, menyampaikan secara langsung saat kumpul atau membuat stiker kecil atau selebaran yang di dalamnya telah tertulis alamat suatu website atau blog. Namun cara ini membutuhkan waktu dan tenaga serta dana (jika koneksi internet harus dibayar sendiri). Dan berapa banyak orang yang akan mengunjungi suatu website atau blog dengan menggunakan cara ini, dengan kata lain cara ini menyebabkan jumlah pengunjung suatu website atau blog akan sangat terbatas. Kecuali memang website atau blog yang dibuat khusus untuk kalangan tertentu saja.
Cara yang paling efektif dan efisiensi yang sering digunakan orang untuk menemukan website atau blog atau isi artikel di internet adalah dengan mengetikkan kata atau keyword di search engine. Bisa jadi calon pengunjung ingin mencari sesuatu yang perlu saat itu, maka dia langsung mencari melalui search engine. Dan search engine akan memunculkan hasil pencariannya.
Agar website atau blog dapat di crawler (kata mudahnya adalah = dicari atau diidentifikasi) oleh search engine, maka suatu website atau blog harus terdaftar pada search engine. Sebab kalau suatu website atau blog belum didaftarkan ke search engine, maka website atau blog atau apapun namanya akan menjadi website atau blog yang mati untuk beberapa lama sebelum akhirnya Google menemukannya secara alami.
Ada beberapa mesin pencari (search engine) yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan website atau blog, diantaranya :
1. http://www.google.com/webmaster/tools
2. http://www.google.com/addurl.html
3. http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
4. http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2
5.  Masih banyak lagi
Keempat mesin pencari di atas, menurut saya, merupakan yang utama dan wajib segera mendaftarkan blog atau situs, agar secepatnya orang lain dapat mencari sesuatu yang ada pada dalam blog atau situs kita.
Pertama, dan yang paling penting dan merupakan isi dari posting cara dan aturan main pendaftaran website di Google search engine adalah mendaftar ke mesin pencari Google.
Seperti diketahui bahwa lebih dari 60% pengguna internet, menggunakan fasilitas mesin pencari Google untuk mencari sesuatu, baik artikel, foto, video, barang dan lain-lain, yang dibutuhkan, baik melalui www.google.com atau www.google.co.id untuk orang Indonesia dan berbahasa Indonesia.
Persyaratan utama untuk mendaftarkan (submitted) blog atau situs pada mesin pencari Google adalah :
1. Sudah membuat blog atau situs
2. Mempunyai account Google.
Pada artikel sebelumnya, Cara Cepat dan Tepat Membuat Aktifasi Blog di Blogger, telah ditekankan untuk membuat account Google dalam membuat dan mengaktifasi Blogger, sehingga tidak perlu lagi repot membuat account Google baru.
Cara dan aturan main pendaftaran website di Google search engine adalah :
1.    Buka (sign in) blog atau situs yang akan didaftarkan
2.    Masuk ke : http://www.google.com/webmaster/tools dengan menggunakan account Google.
3.    Perlu diperhatikan bahwa anda harus membuka bersamaan keduanya, google webmaster dan blog/situs anda, karena dalam proses selanjutkan akan bolak-balik diantara keduanya.
4.    Saya menggunakan google webmaster dan blogger yang berbahasa Inggris karena lebih mudah memahami”, bukan karena mahir berbahasa Inggris tetapi buat jaga-jaga kalau ada kesulitan dikemudian hari dapat mencari bantuan dari Google Help atau Blogger Help yang berbahasa Inggris. Kenapa demikian, karena pengalaman saat baru mengenal dan membuat blog pada Blogger ternyata sampai satu bulan blog yang saya tidak terindex pada mesin pencari Google. Padahal sudah mengikuti tutorial yang banyak bertebaran di internet.
Yang pada akhirnya masalah situs saya adalah adanya penjelasan/tutorial yang “hilang”, dan berhasil saya dapatkan jawabannya dari Google Help yang berbahasa Inggris, makanya saya saran menggunakan bahasa Inggris saja, toh untuk mendaftar di google webmaster tidak banyak menggunakan kosa kata yang sulit dan www.googel.co.id sudah melengkapi dengan mensin penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Dan yang paling penting penerapan kata-kata pada perintah-perintah dalam bahasa Indonesia sering tidak pas sehingga malah membingungkan.
5.    Setelah masuk ke google webmaster akan muncul :

6.    Kembali ke Blogger.
7.    Masuk ke Dashboard kemudian klik View Blog, lihat pada tag bar dibagian atas dan copy alamat URL blog atau website yang akan didaftarkan. Seperti ini untuk blog ini, alamat URL-nya adalah : http://biang-referensi.blogspot.com. Untuk Blogger jika sudah sign in, maka klik “view blog atau lihat blog”. Setelah muncul halaman depan (Home) dilihat pada tag bar di bagian atas.  Copy alamat URL yang muncul di tag bar dibagian atas dengan men-drag-nya, seperti contoh berikut :

Lalu akan muncul :

8.    Kembali ke Google webmaster.
9.    Selanjutnya klik “Add a site

10.  Dan tulis alamat URL blog atau website yang akan didaftarkan pada kolom yang tersedia, dengan mem-paste-kan alamat URL yang sudah anda copy. Ingat hilangkan huruf http:/// , inilah informasi yang hilang tadi. Jika anda mengisi alamat URL anda masih terdapat kode http:// maka percayalah mesin pencari google ogah datang dan melihat blog/situs anda, karena salah. dan tanda
http://biang-referensi.blogspot.com/
 
Setelah di-paste-kan akan muncul alamat URL anda, seperti contoh ini :



Tulisan berwarna merah ganti dengan alamat URL anda, dan yang berwarna biru dihapus.

11.  Kemudian klik “Continue”.
Kemudian muncul menu verifikasi kepemilikan website Menu ini adalah untuk verifikasi website/blog anda dengan mendapatkan kode meta tag untuk blog anda.
Cara mendapatkan kode meta tag website/blog adalah dengan cara meng-klik “Verification method”, bawa kursor ke bawah kemudian klik “meta tag”.

12.  Setelah anda klik Meta tag, maka akan muncul kodenya, contohnya seperti ini :

Kode meta tag tiap website yang didaftarkan akan berbeda satu dengan yang lainnya, terserah sama google webmaster. Copy kode meta tag ini dengan men-drag seluruh kode diatas.
Ingat sampai disini jangan anda klik tag Verify.
13.  Setelah itu, anda masuk kembali ke Blogger atua Blog anda.
14.  Klik Design, kemudian pilih Edit HTML, tunggu sampai selesai proses running, kemudian centang “Expand Widget”
Kemudian muncul menu :

Lalu muncul :

15.  Cari kode <head> pada daftar (kotak/box) kode-kode HTML, kemudian paste-kan, kode Meta tag tadi dibawah kode<head>

Jadi seperti ini :
16.   Kemudian klik “Save Template” yang ada dibagian bawah kanan kotak kode HTML.

17.  Setelah selesai proses saving, maka anda kembali ke google webmaster.
18.  Setelah berada pada google webmaster, kemudian klik “Verify”.
19.  Setelah itu, automatis akan ke menu “Dashboard” google webmaster.

20.  Sampai disini sebetulnya prosedur pendaftaran di Google Serach Engine sudah selesai. Tetapi perlu sekali anda mendaftarkan feeds website anda untuk keperluan mendatang (akan dijelaskan pada artikel-artikel mendatang).
Caranya adalah : Scroll ke bawah dan cari tag “Sitemaps” dan klik “Submit a Sitemap”, seperti dibawah ini :

21.  Pada halaman Sitemaps, klik tandan “ + Submit a Sitemaps”, seperti dibawah ini :
 22.  Ketik : rss.xml atau atom.xml, keduanya bekerja dengan baik. Tetapi saya sarankan anda mendaftarkan keduanya. Dikemudian hari, ini akan berguna. Selesai mengetik klik Submit Sitemap  yang dibagian bawah.
23.  Jika berhasil, akan muncul tanda : rss.xml, tanda jam dst. Kemudian ulangi langkah 21 untuk “atom.xml”.
24.  Sampai disini submitting atau pendaftaran website anda telah selesai sempurna.
25.  Google search engine membutuhkan waktu lama untuk dapat mengindex dan meng-crawl isi atau konten website anda.
Meng-crawl artinya adalah menelusuri isi/kontent dari suatu website, seperti mencari deskripsi, keyword, dll.
Pengalaman saya, website anda baru dapat terindex oleh google paling cepat 1 minggu setelah anda submit, sedangkan isi/konten website baru ter-crawl setelah satu bulan. Jadi be patient / sabar ya.
Maka sambil menunggu terus rajin membuat postingan apapun bentuknya.
Dan satu lagi yang perlu diperhatikan, jangan dulu men-sharing postingan anda (melalui facebook, twitter, dll) jika postingan belum muncul di google search. Hal ini untuk mnghindari anggapan search engine bahwa postingan anda adalah copy-an dari artikel/postingan di facebook misalnya, karena seperti facebook mempunyai ranking jauh diatas blog anda, jadi andalah yang dianggap meng-copy.


3 Responses So Far:

herbal store mengatakan...

Makasih tutorialnya....

Jefry mengatakan...

Alhamdulullah karena tutorial ini proses pendaftaran blog saya di search engine jadi lancar
terima kasih

alat bantu sex mengatakan...

thenk you atas informasinya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...